Seperti cerita di episode 1 dengan judul yang sama,ketika Jazzkaltim ditanya oleh seseorang yang belum menyukai musik Jazz, “Apa sih definisi musik Jazz itu?” Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, menyambut H-2 pagelaran akbar musik Jazz tahunan skala internasional di Jakarta, Java Jazz Festival 2010, 5-7 Maret 2010 di Jakarta International Expo Kemayoran, kali ini Jazzkaltim menyarikan dari Wikipedia. Merupakan terjemahan bebas dari Wikipedia-english: http://en.wikipedia.org/wiki/Jazz dengan “improvisasi” tambahan disana sini. Lanjutannya sebagai berikut:

JAZZ.
Jazz merupakan bentuk seni musik Amerika yang bermula pada awal abad 20 dikalangan komunitas Afro-Amerika di daerah Amerika bagian Selatan.
Awalnya merupakan pertemuan gaya musik tradisional Afrika dan Eropa. Pengaruh gaya bermusik dari keturunan Afrika Barat sangat nyata dalam aplikasi musik Jazz, seperti not musik Jazz yang dikenal sebagai “blue note”, improvisasi, poliritmik, sinkopasi, dan not musik “swing note”.[1]
Dari awal perkembangannya sampai saat ini, sejak abad ke 19 sampai abad 21 ini, Jazz menjadi musik yang menyatu dan populer di Amerika.[2] Kata “jazz” bermula sebagai istilah derivatif bahasa slang (prokem) yang belum jelas di daerah Pantai Barat (West Coast) Amerika. Kata “jazz” pertama kali digunakan untuk merujuk pada musik di Chicago tahun 1915.

pharoahsanders1
Double bassist Reggie Workman, tenor saxophone player Pharoah Sanders, and drummer Idris Muhammad performing in 1978.

Jazz sebagai aliran musik (genre), sejak semula di awal abad 20, mempengaruhi musik yg menjadi cabang (sub genre) jazz. Antara lain Dixieland New Orleans di awal 1910 an. Kemudian gaya swing dari big band pada era 1930-1940 an. Juga musik bebop dari pertengahan 1940 an.
Adanya berbagai gaya Latin jazz fusions seperti Afro-Kuba dan Brasilian jazz di era 1950-1960 an. Perpaduan jazz & rock (rock’n jazz) dari tahun 1970 sampai akhir tahun 1980. Hingga saat ini berkembangnya jenis musik seperti acid jazz, yaitu nada jazz yang dicampur ke dalam pengaruh musik funk dan hip-hop.
DEFINISI:
Jazz sulit untuk didefinisikan, mengingat rentang waktu pembentukannya yang panjang. Sejak jaman ragtime waltzes sampai era fusion abad 20 hingga acid jazz abad 21 ini.

slave_dance_to_banjo_1780s1
In the late 18th-century painting The Old Plantation, African-Americans dance to banjo and percussion.

Walaupun telah dicoba untuk mendefinisikan jazz, bahkan dari sudut pandang non musik jazz. Antara lain memakai kriteria definisi menurut sejarah musik Eropa atau musik Afrika. Pengamat/kritikus musik jazz Joachim Berendt memberikan bantahannya bahwa semua upaya tersebut tidak ada satu pun yang memuaskan.[3]
—Bersambung