Courtesy wwwjavajazzfestivalcom

Bersiap-siaplah… hantaman dari gelegar Java Jazz Festival 2011 segera tiba! Masih di venue yang sama, di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta. Masih tiga hari menjelang festival Jazz terbesar di dunia ini, namun semerbak aromanya mulai menjalar ke segala penjuru angin! Festival yang ke tujuh kalinya ini akan berlangsung pada tanggal 4, 5 dan 6 Maret 2011. Seperti biasanya, sejumlah dedengkot Jazz dari mancanegara siap unjuk kerja menampilkan musik Jazz terbaiknya.
Bayangkan saja, akan tampil musisi Jazz terbesar di jamannya seperti Santana (special show), George Benson (special show), Kenny Logins (special show), Joey De Francesco, Charlie Hadden, Roy Ayers, Maria Schneider, Sondra Lerche, dan Corinne Bailey Rae serta musisi dari berbagai negara lainnya. Artists Final Confirmation hingga total mencapai 52 grup atau musisi Jazz internasional. Belum lagi musisi Jazz (dan yang bukan Jazzer) dari tanah air mencapai 87 grup atau musisi Jazz yang akan tampil. Semuanya bersiap menularkan virus Jazz di Indonesia melalui ajang 3 hari di awal Maret 2011 ini.
Sayangnya dalam beberapa hari ini, tepatnya pada berita 18 Februari 2011, muncul info bahwa penulis lagu dan penyanyi Kenny Loggins membatalkan show nya dengan alasan kesehatan. Kenny Loggins telah memutuskan untuk membatalkan show-shownya mendatang, termasuk penampilannya di Jakarta International Java Jazz Festival 2011, karena alasan kesehatan yang tidak memungkinkan Kenny Loggins untuk melakukan perjalanan dari Amerika.

Courtesy wwwjavajazzfestivalcom

Bad news yang kedua adalah penampilan Maria Schneider ditunda hingga Java Jazz Festival tahun depan (2012), berdasarkan berita tanggal 8 Februari 2011 kemarin. Sebagai gantinya akan ditampilkan vokalis Jazz dari Belanda Ruben Hein. Okay, engga usah kuatir! Pagelaran Jazz terbesar di dunia ini dengan tema bertajuk “Harmony Under One Nation,” tetap keep going on…
Jakarta International Java Jazz Festival yang sejak tahun 2005 berjalan setiap tahun selama tiga hari, Jumat sampai Minggu minggu pertama bulan Maret, sudah menjadi tradisi pertemuan besar musisi Jazz dari berbagai belahan dunia. Sampai dengan penyelenggaraan tahun 2010 yang lalu, lebih dari 1.000 musisi Jazz pada lebih dari 100 grup berpartisipasi pada JJF ini. Menarik lebih dari 50.000 pengunjung lokal dan mancanegara!

Courtesy wwwjavajazzfestivalcom

Untuk JJF 2011 ini, tampilan musisi Jazz akan paralel pada 18 panggung di venue JIExpo yang sudah disiapkan setiap harinya. Walaupun bukan hanya seniman Jazz saja yang tampil, namun berbagai musisi dari genre musik dan dengan rasa yang berbeda, tampil pula memenuhi selera pengunjung JJF ini dan semuanya berkolaborasi mengisi aura nuansa Jazzy. Memang musik Jazz merupakan pemersatu lintas genre musik yang disajikan, termasuk R & B, pop, rock, latin, hip hop, rap, reggae, ethnic, gospel, electro, dan sebagainya.
Kalau di JJF 2010 yang lalu Presiden SBY sempat nonton JJF bersama Bu Ani Yudhoyono di hari kedua JJF, kemudian sehari sesudahnya Wapres Budiono juga sempat menikmati JJF hari ke 3 atau hari terakhir festival Jazz ini, kemungkinan besar SBY dan Budiono kembali akan mengunjungi festival Jazz ini. Bersiap-siaplah untuk macet dengan berkendaraan menuju venue maupun macet pada antrian masuk venue dikarenakan adanya pengamanan yang diperketat oleh Paspampres.
Okay, sampai jumpa bersama JAZZKALTIM dan crew di hari ke 1 JJF 2011.

(BERSAMBUNG)