courtesy javajazzfestival.com

Selanjutnya, untuk pertamakalinya tampil pula Bob James, Harvey Mason, Nathan East and Chuck Loeb dalam grup legendaris, Fourplay. Penampilan ini sudah ditunggu-tunggu oleh fans setianya setelah format yang baru ini, dimana Chuck Loeb baru saja menggantikan Larry Carlton di tahun 2010. Sedangkan grup foursome ini mempunyai format dasar pemain gitarnya Lee Ritenour dan di tahun 1997 digantikan oleh gitaris Larry Carlton. Album pertama mereka yang dirilis tahun 1991 “Fourplay” terjual sampai jutaan copy dan bertahan dalam chart di Amerika “Billboard’s contemporary Jazz chart” pada posisi tangga lagu teratas (nomor 1) selama 33 minggu.
Kembali untuk tampil kedua kalinya di JJF, Roy Ayers kali ini akan berkolaborasi dengan Robert Glasper Experience. Dapat dikatakan Roy Ayers merupakan salah satu pelopor dari Modern Jazz era. Untuk menambah ‘coolness’ pula, di JJF ini Roy Ayers berkolaborasi juga dengan rapper Pete Rock.

courtesy javajazzfestival.com

Dari kubu Maria Schneider ada informasi bahwa performance nya ditunda menjadi pada JJF tahun 2012 mendatang. Unfortunately, hal ini menyebabkan kekecewaan bagi sejumlah penggemar dan musisi Jazz tanah air. Tidak diragukan lagi, Maria Schneider adalah salah satu penulis lagu dan arranger Jazz terbaik di dunia. Scneider sering melakukan kerjasama dengan ansambel dan orkestra Jazz di berbagai negara.
Sondre Lerche, Norwegian singer dan gitaris yang lagu-lagunya menjadi hits di Eropah dan Amerika. Umurnya yang masih muda, tak pelak lagi menjadi idola yang ditunggu kaum muda JJF 2011 ini. Begitu pula musisi Jazz muda mancanegara yang akan tampil antara lain Rasmus Faber & RaFa Orchestra serta Jamie Lidell akan memenuhi selera kaum muda Jazzer pengunjung JJF 2011 ini.

courtesy javajazzfestival.com

Berasal dari Leeds Inggris, Corinne Bailey Rae merupakan salah satu penyanyi dan gitaris terbaik dari Inggris. Dia telah memenangkan beberapa penghargaan, termasuk beberapa penghargaan untuk album terbarunya, “The Sea”, yang memenangkan “Best R & B Album of the Year” dari Soul dan Jazz Awards. Lembaga yang sama juga menobatkan dirinya sebagai “Best Artist of the Year Act Soul/R&B” pada tahun 2010.
Dari tanah air, jangan lewatkan, grup Indra Lesmana, Barry Likumahuwa and Sandy Winarta (LLW), menampilkan modern Jazz dan beberapa kejutan Jazz lainnya. Juga tampilan kedua pianis Jazz muda berbakat, Ade Irawan and David Manuhutu. Meski masih muda, keduanya sangat ahli dalam melakukan nomor Jazz klasik.

courtesy javajazzfestival.com

Begitu pula Jazzer tanah air yang malang melintang di jagad musik Jazz antara lain: Benny Likumahuwa & The Young Jazz Connection, DREW, Dwiki Dharmawan, Otty Djamalus & Yance Manusama feat. Endah N Rhesa, BLP, Ello, Nial Djuliarso (yang membawakan tema Tribute to The Jazz Soul of Ismail Marzuki), The Groove Reunion, Iwan Hasan Chamber Jazz feat. Andien, serta Pitoelas Big Band (yang seharusnya juga berkolaborasi mengiringi Maria Schneider).
Ada lagi Maliq ‘n D’Essentials, Glenn Fredly, Sandhy Sondoro, Andien, grup Shadow Puppets, grup Notturno, Dira Sugandi, Dwiki Dharmawan, grup Simak Dialog, Fraya, grup Indonesia Nu Progressive, Idang Rasjidi, grup Tohpati Bertiga, GIGI Big Band, grup Chamber Jazz (Iwan Hasan, Andien, Enggar, Merry Kasiman), Jopie Item, Oele Pattiselano, Nial Djuliarso, grup The Husbands & Wives feat. Endah N Rhesa, RAN, dan Nikita Dompas akan hadir memberikan yang terbaik di hadapan pengunjung JJF 2011. Johanes Radianto, Dhani Syah, Elfa Zulham dan Sri Hanuraga yang baru menyelesaikan studi musiknya di Belanda juga bakal hadir. Seperti yang telah disebutkan di atas, Magenta Orchestra pun akan tampil bersama George Benson dalam gelaran Special Show bertajuk “George Benson’s Tribute to Nat King Cole with Magenta Orchestra”.

courtesy javajazzfestival.com

Para artis ini berbagi waktu di 18 panggung dengan musisi internasional dan diharapkan lebih dari 100 ribu orang yang hadir di JJF 2011 ini. Diharapkan pula, dapat menjadi agen komunikasi dalam menyebarkan pesan bahwa dunia akan lebih indah dalam sebuah harmoni bersatunya berbagai latar belakang, pandangan, budaya, dalam suatu hamparan rajutan musik Jazz.
Jazz 4ver!

(BERSAMBUNG)