courtesy javajazzfestivalDOTcom

courtesy javajazzfestivalDOTcom

Hari ini Kamis 31 Januari 2013, tepat 29 hari menjelang diselenggarakannya perhelatan JAZZ terbesar di dunia…. Jakarta International Java Jazz Festival (Java Jazz) 2013. Seperti biasanya, Jazz Kaltim (JK) menyiapkan serangkaian tulisan menyambut show akbar Jazz di Indonesia ini. Untuk ke-3 kalinya Java Jazz ini akan diselenggarakan di Jakarta International Expo di Kemayoran, Jakarta Pusat (JIExpo Kemayoran).
Seperti biasanya pula, PT Java Festival Production (JFP) yang sukses menyelenggarakan Java Jazz delapan kali itu, kali ini masih menjadi penyelenggara event Jazz tersebut. Bahkan akan melakukan kejutan baru, JFP selaku penyelenggara menambahkan penyelenggaraannya dengan “edisi” Singapura.
Please chec it out… tulisan JK di seri ke-1 dengan judul “29 Hari Jelang Java JAZZ Festival 2013 (1)”. Tulisan ini merupakan seri ke-6 (terakhir) dari 6 serial tulisan JK menyambut gelegar Java Jazz 2013.

Kenangan Pasca Gelegar Java Jazz 2011.
Endah N Rhesa Punya Kode Rahasia Kompak.

“Komunikasi di atas panggung lebih enak. Apalagi kalau eksperimen,” kata Rhesa. Duo Endah N Rhesa masih menjadi bintang di ajang Java Jazz Festival 2011. Grup yang hanya terdiri dari unsur akustik gitar dan bass itu membuka rahasia kekompakan mereka.
“Kami merasa nyaman sekali karena kami suami istri,” kata Endah saat ditemui di Java Jazz Festival, Kemayoran, Jakarta Pusat.

JJF 2012

JJF 2012

Bagi sang suami, Rhesa, kebersamaan setiap hari mempermudah duo unik ini bersinergi dalam setiap aksinya. Meski banyak kesulitan yang dihadapi untuk menjaga eksistensi, grup yang dibentuk sejak 2003 tetap bisa eksis.
“Saya salut sekali kepada sebuah band yang mampu menjaga eksistensinya. Kami saja untuk menjaga eksistensi dua kepala ini saja susah sekali,” ujar gitaris yang banyak terpengaruh oleh gitar akustik seperti, Jack Johnson, Dave Matthews, dan James Taylor ini.
Menurut pemilik nama lengkap Rhesa Aditya ini, 70 persen hidup mereka adalah musik. Kapanpun dan dimanapun selalu berbicara soal musik. Apalagi kalau sudah di atas panggung. “Komunikasi di atas panggung lebih enak. Apalagi kalau eksperimen di atas panggung,” ujar pria berambut kribo ini.

JJF 2012

JJF 2012

Ciri khas band yang kini sedang digandrungi remaja itu diinspirasi dari banyak musisi. Konsep akustik terinspirasi dari band-band lokal seperti Cozy Street Corner, Bonita, dan Anda.
Cara bernyanyi Endah banyak terinspirasi dari Alanis Morissete dan Norah Jones. Sedangkan permainan gitarnya diinspirasi oleh 4 John yaitu John Mayer, John Butler, John Scofield, dan John Frusciante, serta Pat Metheny, dan Warman Nasution.
Popularitas mereka meningkat seiring dengan penghargaan yang mereka terima. Sebagai duo pendatang baru mereka dinilai memiliki kualitas yang sangat baik.

Entry Gate Circumstances JJF2012

Entry Gate Circumstances JJF2012

Hal ini terbukti dengan dipilihnya Endah N Rhesa sebagai Best Acoustic Act se-Asia Tenggara pada Junksounds Award 2009 dan Rookie of The Year 2010 menurut Majalah Rolling Stone Indonesia. Tak hanya itu, mereka juga dinominasikannya di beberapa penghargaan. Album pertama mereka pun telah terjual 17.000 kopi.

JJF 2012 corner

JJF 2012 corner

Tips Agar Nyaman di Arena Festival Java Jazz.
Berada di arena festival setidaknya 8 – 10 jam dalam sehari akan membuat lelah. Puluhan ribu penonton yang berjubel tidak saja berada di gedung pertunjukan, tapi juga di luar gedung, seperti di lorong-lorong, lapangan, di halaman, atau di lobi JIExpo Kemayoran. Berdesak-desakan tentu saja.
Bagaimana agar badan tetap segar dan sehat selama menyaksikan Java Jazz Festival (JJF), ikuti tips berikut ini:

  1. Datanglah ke arena Java jazz festival (JJF) seawal mungkin, ini penting untuk menghindari kemacetan di akses jalan menuju JIExpo Kemayoran.
  2. Bawalah uang secukupnya. Hindari menggantungkan ATM karena di arena JJF tidak disediakan sarana mesin Anjungan Tunai Mandiri, kecuali di di luar arena, tapi tempatnya sangat jauh.
  3. Jika persediaan uang pas-pasan, hindari membeli makanan/minuman di dalam arena JJF dijual relatif mahal, karena di arena meski disediakan food court, tapi cara pembeliannya dengan menukarkan token, minimal seharga Rp 50.000. Jika ragu-ragu, jangan ragu-ragu keluar arena JJF untuk mencari makanan/minuman, dengan catatan Anda harus minta izin pada petugas portir di pintu masuk.
  4. Pakailah sepatu kets atau sepatu kasual yang nyaman dipakai. Dan hindari memakai sepatu berhak tinggi. Karena jarak satu gedung pertunjukan dengan gedung yang lain cukup jauh.
  5. Pakailah busana yag nyaman, longgar, kalau perlu membawa cardigan, karena semua gedung ber AC dan jika pertunjukan di luar ruang, udara akan sangat dingin atau kemungkinan hujan.
courtesy wartajazzDOTcom

courtesy wartajazzDOTcom

  1. Jika sedikit mau repot, Anda bisa membawa kursi kayu lipat yang bisa di jinjing, dan digunakan di arena festival di mana semua penonton berdiri.
  2. Kalau memang harus membaswa balita (bayi), bawalah kereta bayi dorong dan sediakan minuman atau makanan untuk si kecil.

Sumber dari liputan langsung crew JK serta suarapembaruan.com, yahoo.com, thejakartaglobe.com, javajazzfestival.com, wartajazz.com, vivanews.com, suaramerdeka.com
(TAMAT)