Engga terasa mulai lagi deh….gemuruh Java Jazz 2014….mulai berdentang memberikan tanda-tandanya. Memberikan tanda nuansa musik Jazz pada relung-relung insan pencinta dan pemerhati musik Jazz dunia…..
Oke…..let’s go…keep’n spirit of Jazz lovers…
Pesta musik Jazz, the Jakarta Internasional Java Jazz Festival 2014 akan menggelegar selama tiga hari di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, 28 Februari hingga 2 Maret 2014.
Artinya per hari ini, tinggal 71 hari lagi menurut count-down situs resmi Java Jazz di http://javajazzfestival.com.

Courtesy javajazzfestival.com

Courtesy javajazzfestival.com

Brazilian music, smooth Jazz, dan straight ahead Jazz dengan nuansa desain Jawa akan mengisi venue-venue Java Jazz 2014. Spirit Bringing the World to Indonesia yang menjadi tema pada tahun-tahun awal penyelenggaraan Java Jazz juga kembali menjadi tema penyelenggaraan Java Jazz 2014.
Program Director Java Jazz Festival Eki Puradiredja mengatakan, penyelenggaraan Java Jazz 2014 nanti akan ada banyak kejutan. Mulai dari line up artis baik dalam maupun luar negeri, serta rangkaian acaranya sendiri.
“Kita akan menghadirkan musisi-musisi terbaik dari musisi muda hingga musisis legendaris. Jumlah musisi yang hadir juga akan lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” kata Eki Puradiredja waktu press conference persiapan Java Jazz Festival 2014 di Jakarta, Rabu 6 November 2013.
Bersamaan dengan event akbar World Cup yang akan digelar di Brasil tahun 2014, penyelenggaraan Java Jazz 2014 juga akan membuat semacam karnaval dengan menghadirkan banyak musisi Jazz asal Brasil. “Akan ada sekitar 40 artis dan ratusan musisi asal Brasil yang akan memeriahkan event ini,” tambah dia.

courtesy javajazzfestival.com

courtesy javajazzfestival.com


Musisi-musisi yang sudah memberikan konfirmasi tampil di Java Jazz 2014, antara lain Tania Maria, Sadao Watanabe, Ivan Lins, Roy Ayers, Jamie Cullum, Allen Stone, Robert Glasper, Dave Koz, Gerald Albright, Natalie Cole, Norman Brown, Mindi Abair, dan beberapa musisi dunia lainnya.
Musisi tanah air yang akan tampil……istilahnya masuk dalam wish list….antara lain Addie MS, Dedy Dukun, Dian Pramana, Maliq n d’essentials, The Groove, Agnes Monica, Dewi Sandra, Oele Patiselano, Indra Lesmana, Eva Celia, Mus Mujiono, Humania, Joy Tobing feat Menteri, Ecoutez, Jamie Aditya, dan seterusnya.
Hal yang menarik adalah kehadiran musisi dari negara-negara Skandinavia, Brasil dan Australia. Dari Brasil ada Thais Motta dan Joao Sabia, dari Australia ada Public Opinion Afro Orchestra dan Gurrumul, sementara dari Skandinavia sudah ada nama Nills Petter Molvaer dan Magnus Lindgren. Daftar nama ini pun masih akan terus bertambah sampai nanti saat Java Jazz 2014 berlangsung.
“Beberapa nama-nama besar juga sudah masuk dalam daftar kami. Semoga bisa secepatnya memberi konfirmasi,” jelas Eki.
Bos nomor satu Java Festival Production, penggagas atawa penemu Java Jazz, Peter Gontha, mengatakan akan mengundang RI-1, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurut Peter Gontha, Pak SBY pernah mengatakan bahwa musik itu bisa membangun Indonesia, saat press conference di hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu 6 November 2013.
courtesy beritasatu.com

courtesy beritasatu.com

“Dulu waktu SBY naik tahun 2004, beliau datang. Nah, sekarang 2014 beliau mau turun, datang juga,” kata Peter.
Pada saat press conference ada juga Addie MS, musisi senior yang akan turut manggung meramaikan Java Jazz 2014. Ini ketiga kalinya Addie MS berpartisipasi sebagai musisi pada Java Jazz, setelah sebelumnya ia juga berpartisipasi di edisi 2012 dan 2013.
Addie MS berkata, “Enggak banyak orang bisa konsisten menyelenggarakan festival selama 10 tahun, dulu orang melihat Indonesia itu hanya Bali. Nah, sekarang orang (asing) tahu Indonesia itu dari Java Jazz.”
“Dengan adanya kegiatan ini, Indonesia lebih dikenal dunia dan membawa nama harum kita semua,” lanjutnya.
Penyelenggaraan kali ini akan menjadi sangat istimewa karena festival jazz terbesar di dunia yang diproduseri oleh orang Indonesia secara konsisten ini telah memasuki tahun ke-10.

courtesy javajazzfestival.com

courtesy javajazzfestival.com


Tiket earlybird java Jazz 2014 juga sudah mulai dijual secara online bersamaan dengan hari dilaksanakannya conference press ini, Rabu 6 November 2013.